Apabila Anda telah memiliki pengalaman berjualan di dunia properti, meningkatkan lead merupakan salah satu hal penting selain melakukan pemasaran listing dan diri Anda. Mengapa penting? Karena tips-tips berikut tidak hanya akan meningkatkan lead Anda tapi juga meningkatkan hubungan baik Anda dengan client Anda sebelumnya.
Lalu, bagaimana cara meningkatkan lead bagi Anda yang sudah berpengalaman?
Lakukan Koneksi dengan Client Sebelumnya
a. Meminta testimoni
Rekan Agen, testimoni akan sangat berguna untuk proses promosi diri Anda sebagai agen. Testimoni akan menjadi faktor tambahan untuk Anda agar dapat dipercaya oleh leads atau calon pembeli Anda nantinya.
Bagaimana cara meminta testimoni yang baik? Berikut kami berikan checklist yang dapat Anda gunakan. Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
- Menanyakan kabar dan berkunjung ke rumah client
Menanyakan kabar kepada client yang pernah bertransaksi akan membantu hubungan Anda dengan client menjadi semakin baik dan memungkinkan mereka untuk menjadi referral partner Anda!
Lalu, bagaimana cara menanyakan kabar dan berkunjung yang baik ke rumah client? Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
- Lakukan apresiasi melalui surat
Apabila Rekan Agen merasa tidak memiliki waktu untuk mengunjungi client atau menanyakan kabar secara aktif menggunakan sosial media, Anda bisa loh melakukan apresiasi melalui email ke client Anda sebelumnya.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Bangun Relasi (Partnership) dengan Banyak Lembaga
- Perusahaan asuransi
Mungkin, perusahaan asuransi dapat membantu Rekan Agen untuk melakukan proses asuransi rumah. Tetapi, menjaga hubungan baik dengan perusahaan asuransi dan menjadi bekerja sama untuk mengiklankan properti Anda dapat menjadi salah satu cara efektif.
- Bank & sales kartu kredit
Dalam konteks bank dan sales kartu kredit, Rekan Agen dapat mendapatkan banyak referensi orang yang membutuhkan rumah dan dengan bekerja sama dengan pihak ini, Anda akan memiliki banyak sekali leads yang mungkin untuk dihubungi secara langsung maupun tidak.
- Restoran/kafe
Apabila Anda memiliki teman yang memiliki restoran atau restoran favorit di dekat Anda. Alangkah baiknya untuk mengajak kolaborasi restoran/kafe tersebut dengan cara menjadikannya sebagai referral partner. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menitipkan poster ukuran kecil untuk diletakkan di meja kasir atau hal lainnya sesuai dengan kesepakatan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan restoran tersebut sebagai meeting point Anda dengan client, hal ini akan memberikan efek saling menguntungkan bagi Anda dan restoran tersebut. Apalagi kalau target Anda anak muda yang hobi nongkrong di restoran atau kafe, kan?
Lakukan Pemasaran secara Lebih Luas
- Pemasaran menggunakan billboard atau baliho.
Pemasaran menggunakan media offline adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan. Namun, biasanya media ini memerlukan biaya yang cukup besar untuk proses pemasangan.
- Lakukan pemasaran digital melalui berbagai platform
Rekan Agen, menurut data dari Hubspot, 44% lead berasal dari platform digital loh! Angka ini akan terus meningkat mengingat tingginya aktivitas di dunia digital pada era saat ini. Berikut adalah beberapa platform digital yang dapat Anda gunakan!
- Facebook Ads
Facebook Ads merupakan suatu platform pemasaran online yang biasa dilakukan oleh bisnis-bisnis di dunia, mulai dari bisnis makanan hingga bisnis properti. Facebook Ads dipilih karena memiliki channel yang sangat luas mulai dari Facebook hingga Instagram. Jadi dengan sekali pasang iklan, Anda telah mengiklankan properti Anda pada banyak sosial media. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menuju ke https://www.facebook.com/business/ads atau modul digital marketing Pinhome.
- Google Ads
Google Ads merupakan platform yang mirip dengan Facebook Ads dan memiliki banyak channel seperti Facebook. Ingin mencoba Google Ads? Anda bisa menuju ke https://ads.google.com/intl/en_ID/home/ atau modul digital marketing Pinhome.
Meskipun Instagram adalah produk dari Facebook, pemasaran melalui Instagram sedikit berbeda dengan Facebook Ads. Maksud dari pemasaran dengan Instagram adalah membuat akun Instagram khusus untuk listing Anda dan memberikan hashtag (#) atau membayar influencer/artis Instagram untuk mempromosikan listing Anda.
LinkedIn merupakan sosial media yang ditujukan khusus untuk para profesional atau bisa disebut “Facebooknya orang kerja.” Apabila Anda berniat untuk melakukan pemasaran dengan target lead kelas atas, Anda sangat mungkin untuk melakukan pemasaran di LinkedIn. Selain itu, LinkedIn memiliki sistem yang apabila terdapat pengguna menyukai post Anda, post tersebut dapat meluas ke lebih banyak pengguna lainnya.
- Gunakan koran untuk pemasaran singkat Anda
Zaman sekarang, siapa sih yang baca koran? Jangan salah Rekan Agen, memasarkan listing Anda di koran entah hanya dengan pemasaran singkat atau pemasaran yang cukup besar masih cukup efektif loh di era seperti sekarang! Banyak perusahaan koran yang memiliki layanan cetak dan online melalui gadget (gawai) masing-masing penggunanya.
- Bangun website Anda
Mungkin ini akan menjadi suatu hal yang besar, tetapi membangun website yang berisikan listing Anda dan Anda dapat mencatat email semua pengunjung website Anda yang dapat menjadi lead dengan mengaktifkan fitur mailing list di sana.
Bangun Niche atau Bidang Keahlian Anda
Membangun bidang keahlian merupakan salah satu hal yang dapat menjadi nilai penunjang Anda sebagai agen. Jenis-jenis bidang keahlian properti Anda dapat dibagi menjadi beberapa hal sebagai berikut dan perlu diingat bahwa Anda bisa memilih lebih dari satu keahlian yang Anda rasa dapat membantu Anda menjual diri Anda.
- Pembeli pemula (pertama kali)
- Properti kuno
- Properti modern
- Properti mewah
- Co-working space
- Daerah yang dekat dengan sekolah
- Properti estetik yang dapat disewakan (misal: vila)
- Industri
- For sale by owners (FSBO) atau yang dijual langsung oleh pemilik properti
Datang ke Acara Open House atau Networking Lainnya
Bagi Rekan Agen yang belum mengetahui open house, open house merupakan suatu agenda dari seorang agen atau kantor properti untuk membuka salah satu properti yang ada di listing-nya ke publik dan membiarkan semua orang untuk dapat hadir di acara open house tersebut. Penting untuk diingat bahwa acara ini akan mendatangkan banyak sekali lead dan dapat menjadi kesempatan Anda untuk mengobrol dengan beberapa pengunjung sembari memperkenalkan diri Anda.
Lalu, bagaimana cara membangun relasi saat open house atau acara networking lainnya? Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Referensi: