Ada banyak jenis lead yang dapat kita temukan di pasaran. Apabila Rekan Agen coba spesifikkan persona calon pembeli, para calon pembeli tersebut dapat dibagi berdasarkan kondisi orang tersebut atau bagaimana cara dia merespon terhadap suatu hal. Pada modul kali ini, Pinhome akan mencoba menjelaskan bagaimana caranya menaklukkan jenis-jenis pembeli tersebut

  1. Pembeli berdasarkan Kondisi

     a. Baru Pertama Membeli Rumah

Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.


Apakah properti masuk pada budget?

Apakah properti siap digunakan?

Apakah properti termasuk tanah dan bangungan?

Apakah lokasi sesuai dengan keinginan?

Apakah akan mengajukan KPR?


  1. Sudah Pernah Membeli Rumah

Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.


Apakah harga yang dicari fleksibel?

Jika tidak, apakah properti masuk pada budget?

Apakah properti yang dicari adalah ‘properti impian’?

Jika tidak, properti seperti apa yang dicari?

Apakah properti yang dicari harus mewah?

Apakah properti siap digunakan?

Apakah properti termasuk tanah dan bangungan?

Apakah lokasi sesuai dengan keinginan?

Apakah akan mengajukan KPR?




  1. Investor

Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.


Apakah lokasi baik untuk investasi?

Apakah properti sesuai dengan keinginan pasar?

Apakah properti siap digunakan?

Apakah properti termasuk tanah dan bangungan?

Apakah properti murah?

Apakah properti dapat menjadi profitable (misal: disewakan)?


  1. Pensiun

Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.


Apakah harga murah?

Apakah fasilitas memadai?

Apakah properti siap digunakan?

Apakah properti termasuk tanah dan bangungan?

Apakah lokasi tenang?

Apakah biaya perawatan rendah?


  1. Pembeli berdasarkan Cara Merespon

Mengetahui jenis pembeli Anda sangatlah penting untuk menentukan prioritas dan aksi yang harus Anda lakukan kepada tiap jenis pembeli tersebut. Jenis-jenis pembeli dapat dibagi menjadi 3 tipe sebagai berikut.

  1. Hot

Jenis lead yang sangat membutuhkan properti dalam waktu dekat. Jenis lead sangat baik apabila dilakukan follow up setiap hari atau minimal 3 hari sekali.

Ciri-ciri:

  • Sudah tahu akan kebutuhannya
  • Sudah memiliki konsiderasi
  • Sudah siap membeli
  1. Warm

Jenis lead yang membutuhkan properti tapi tidak urgent. Jenis lead ini dapat di-follow up setiap seminggu atau 10 hari sekali.

Ciri-ciri

  • Sudah tahu akan kebutuhannya
  • Sudah memiliki konsiderasi
  • Belum siap membeli
  1. Cold

Jenis lead yang hanya tertarik tetapi belum siap membeli dan dapat di-follow up sebulan sekali

  • Sudah tahu akan kebutuhannya
  • Belum memiliki konsiderasi
  • Belum siap membeli