Canvassing merupakan suatu proses di bidang real estate dengan tahapan untuk melakukan fokus pada suatu pasar spesifik dengan tujuan untuk mencari tahu atau menemukan pasar potensial yang dapat dibuat. Secara kasar, canvassing dapat berarti suatu strategi untuk mencari “rumah dijual” atau rumah kosong yang tidak ditinggali namun masih layak untuk digunakan.
Lalu, bagaimana cara melakukan canvassing?
Pilih Niche atau Bidang Anda
Memilih bidang merupakan hal yang cukup penting bagi agen. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui target pasar yang lebih spesifik dan menemukan lead yang lebih spesifik bagi Anda pula. Apabila Anda bingung tentang cara memilih niche, Anda dapat pergi ke modul mengenai Meningkatkan Lead bagi Agen Berpengalaman atau Memahami Persona Lead (Anda dapat men-klik kedua modul di samping).
Lakukan Pertemuan dengan Target Anda
Saat melakukan canvassing, perlu diketahui bahwa proses ini harus terjadi secara dua arah antara Anda selaku agen dan pihak pemilik properti. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menunjang proses canvassing Anda.
Buat janji dengan pemilik properti
Sebelum Anda berniat untuk memasarkan properti tersebut, akan sangat baik apabila Anda mendapatkan akses secara langsung oleh pemilik rumah tersebut. Bagaimana cara membangun relasi yang baik? Anda dapat berkunjung ke situs Membangun Relasi pada Modul Agen Berpengalaman berikut (Anda dapat men-klik modul di samping).
Selalu lakukan follow up
Perlu diketahui bahwa menjual properti merupakan suatu hal yang sangat krusial bagi seseorang. Oleh sebab itu, melakukan follow up sesuai dengan persona dari pemilik properti tersebut sangatlah penting. Bagaimana cara mengetahui persona yang tepat? Anda dapat berkunjung ke bagian Persona Lead berikut (Anda dapat men-klik modul di samping).
Buat waktu untuk mengevaluasi canvassing Anda
Melakukan canvassing bukan merupakan suatu hal yang mudah karena hal ini perlu pengulangan dan evaluasi secara terus menerus untuk memuaskan pemilik properti sebelum Anda menayangkan properti tersebut ke pasaran. Membuat waktu untuk mengevaluasi canvassing Anda akan membantu Rekan Agen untuk lebih fokus dan memberikan analisis yang lebih dalam terhadap canvas tersebut.
Referensi:
1. Canvassing