Memasarkan secara Langsung
Pemasaran langsung berarti Anda berinteraksi secara langsung tanpa perantara (media sosial ataupun orang lain). Memasarkan diri Anda dan listing Anda harus dilakukan dengan menggunakan interaksi dari pembicaraan Anda dan brosur ataupun poster singkat tentang listing Anda.
Memasarkan diri dan listing Anda dapat dilakukan secara intensional (direncanakan sebelumnya) ataupun tidak intensional. Pemasaran intensional biasanya terjadi ketika Anda merencanakan adanya pertemuan antaragen ataupun dengan lead. Hal ini biasanya dilakukan saat networking event, open house, ataupun acara product knowledge. Pemasaran yang tidak intensional biasanya terjadi di restoran, mall, atau tempat-tempat umum yang secara tidak sengaja mempertemukan Anda dengan lead.
Lalu, bagaimana cara memasarkan diri Anda dan listing Anda secara tepat pada kedua keadaan tersebut?
Kartu nama (business card)
Selalu sediakan business card kemanapun Anda pergi. Kartu nama sangatlah penting untuk membantu orang lain mengenal Anda ketika berinteraksi dan setelah berinteraksi. Kartu nama juga membuat kesan Anda menjadi lebih profesional di mata lawan bicara Anda.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Infografis/poster
Poster dengan ukuran A5 - A4 biasanya dapat digunakan sebagai sarana promosi. Poster jenis ini biasanya digunakan saat agenda presentasi untuk dibagikan kepada para audiens yang ada di ruangan. Namun, Rekan Agen bisa membuat poster ini dan membawanya kapanpun dan dimanapun. Poster dapat berisi diri Anda dan listing unggulan Anda.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Brosur
Brosur biasa digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mengenalkan tentang diri mereka, tapi jangan salah Rekan Agen, Anda dapat menggunakan brosur sebagai wadah mempromosikan listing dan diri Anda sendiri. Berbeda dengan poster, brosur biasanya dibagi menjadi 3 bagian dan 6 kolom (bolak balik). Anda dapat memanfaatkan kolom tersebut untuk memperkenalkan diri Anda dan listing Anda loh! Anda juga bisa secara singkat memberikan brosur tersebut kepada orang yang sedang Anda temui.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Memasarkan secara Tidak Langsung
Sesuai dengan namanya, model interaksi yang terjadi pada sistem pemasaran ini sangat minim atau bahkan tidak ada. Sistem pemasaran ini merupakan sistem yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan (tidak hanya agen/perusahaan properti), seperti toko swalayan atau yang lainnya.
Metode ini mungkin terlihat sederhana karena Anda tidak perlu pergi kemana-mana, hanya tinggal menunggu telepon ataupun email masuk menanyakan tentang penawaran Anda di media cetak tersebut. Namun, implementasi dari metode ini cukuplah sulit mengingat pesan yang disampaikan harus efektif dan Anda tidak dapat mengetahui dampaknya secara langsung.
Lalu, apa saja metode tidak langsung ini dan bagaimana cara melakukannya secara efektif?
Baliho
Baliho merupakan salah satu cara pemasaran yang paling sering dilakukan oleh banyak perusahaan untuk mengenalkan produk yang mereka miliki. Dalam konteks agen, Anda bisa saja memasangkan baliho dengan tujuan untuk mengiklankan listing Anda secara umum dengan target pasar yang umum pula.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Poster
Poster dapat berperan sebagai baliho mini dan dapat Anda tempelkan pada banyak permukaan, misalnya papan poster kota Anda. Hal yang akan membedakan poster dan baliho selain ukurannya adalah siapa yang akan melihatnya. Baliho akan dilihat oleh banyak orang karena penempatan yang biasanya strategis dan ukuran yang besar, sedangkan poster biasanya dilihat oleh pejalan kaki yang melewati tempat Anda memasang poster tersebut.
Isi dengan tanda checklist atau centang (v) pada kotak sebelah kiri apabila Anda telah melakukan hal tersebut.
Koran cetak
Apabila Anda memilih koran cetak sebagai platform pemasaran Anda, Anda perlu memperhatikan jenis iklan apa yang akan Anda gunakan, apakah iklan singkat, ataupun iklan panjang yang dapat menghabiskan setengah hingga satu halaman dari koran tersebut. Biasanya, desain dari koran cetak diatur oleh pihak koran sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan konten secara singkat, padat dan jelas.
Contoh iklan baris singkat:
- Dijual cpt rumah murah LB20/LT23. Hrg 70jt. Nego. 2KT,3KM. Sisa blkg 2m, sisa dpn 1m. Lok Jl.Maleo No.2. HP/WA: 08XXXXXXXXXX.
- LB100M2/LT200M2 SHM. 3KT, 2KM, TLP+INTERNET, PLN 2200 W, PAM + ARTESIS, HALAMAN DEPAN BELAKANG. JL. ROKET RAYA 18 RT01 RW20 CIMAHI. KONTAK: 022-6627170.
Referensi: