Viewing merupakan suatu fase yang mana agen properti mengundang satu atau lebih calon pembeli untuk melihat properti yang sedang dijual. Dalam konteks membuka viewing untuk lebih dari satu calon pembeli, biasanya viewing juga terbuka untuk umum dan menjadi open house.


7 Hari Sebelumnya

Tentang Properti

Cari tahu apa yang menjadi fitur terbaik dari properti tersebut

Bagaimana urutan terbaik untuk memasarkan properti tersebut?

Apakah parkir akan menjadi hambatan?

Jadwalkan waktu pembersihan dan penataan
Administrasi

Hubungi pemilik properti dan fotografer sebagai bentuk konfirmasi

Hubungi calon pembeli mengenai proses viewing yang akan dilakukan

Cetak beberapa dokumen penting yang sekiranya dapat menunjang proses viewing

Apabila rumah kosong, buat playlist musik yang sekiranya cocok dengan suasana


1 - 3 Hari Sebelumnya

Tentang Properti

Apakah properti telah dibersihkan dan ditata?

Siapkan data yang dapat mendukung ketertarikan calon pembeli

Cari tahu tentang lingkungan sekitar dan hot spots di dekat properti tersebut

Cek ramalan cuaca sehingga Anda dapat mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan cuaca (payung, jas hujan, keset khusus hujan, topi, dll)


Hari H

Tentang Properti

Siapkan minuman dan makanan ringan

Siapkan speaker, kabel, dan kebutuhan elektronik lainnya yang sekiranya membantu

Nyalakan semua lampu

Pastikan semua sampah dan toilet telah dibersihkan

Simpan peralatan pribadi Anda di tempat yang jarang terlihat
Tentang Anda

Siapkan kartu nama

Berdandan secara profesional

Perkenalkan diri

Selalu berdiri dan bersiap apabila ada pertanyaan mengenai properti

Ketika pengunjung telah keluar dari properti, tanyakan:
  1. Apa yang dia sukai
  2. Apa yang dia tidak sukai
  3. Apa yang dia ingin ubah mengenai rumah tersebut

Sampaikan terima kasih secara langsung kepada pengunjung

Tanyakan kritik dan saran yang ada saat mengunjungi properti tersebut.


Setelah acara selesai

Tentang Properti

Bersihkan properti

Kunci semua pintu, jendela, dan jalur masuk yang mungkin

Kembalikan kunci sesuai dengan instruksi pemilih properti
Tentang Administrasi

Sampaikan terima kasih dengan cara mengirim email dan WhatsApp


Supply Kit (Barang yang Harus Ada)

Umum


Kebutuhan listrik (speakercharger, dll)


Kertas pendaftaran


Makanan dan minuman ringan (serta tisu)


Trash bags


Kartu nama


Penjelasan singkat mengenai properti dalam bentuk handout


Peta dari lingkungan sekitar


Koleksi listing Anda yang lain dalam bentuk handout atau digital

Pendukung


Buku notes


Alat tulis


Permen

Emergency


Lilin


Pengharum ruangan


Selotip


Spidol atau pulpen berlebih


Kertas kosong


Hand sanitizer

Musim Hujan


Payung


Keset penyerap air


Penutup sepatu


Paper towels


Referensi:

1. Compass Checklist