Viewing merupakan suatu fase yang mana agen properti mengundang satu atau lebih calon pembeli untuk melihat properti yang sedang dijual. Dalam konteks membuka viewing untuk lebih dari satu calon pembeli, biasanya viewing juga terbuka untuk umum dan menjadi open house.
7 Hari Sebelumnya
Tentang Properti
|
| Cari tahu apa yang menjadi fitur terbaik dari properti tersebut
|
| Bagaimana urutan terbaik untuk memasarkan properti tersebut?
|
| Apakah parkir akan menjadi hambatan?
|
| Jadwalkan waktu pembersihan dan penataan
|
Administrasi
|
| Hubungi pemilik properti dan fotografer sebagai bentuk konfirmasi
|
| Hubungi calon pembeli mengenai proses viewing yang akan dilakukan
|
| Cetak beberapa dokumen penting yang sekiranya dapat menunjang proses viewing
|
| Apabila rumah kosong, buat playlist musik yang sekiranya cocok dengan suasana
|
1 - 3 Hari Sebelumnya
Tentang Properti
|
| Apakah properti telah dibersihkan dan ditata?
|
| Siapkan data yang dapat mendukung ketertarikan calon pembeli
|
| Cari tahu tentang lingkungan sekitar dan hot spots di dekat properti tersebut
|
| Cek ramalan cuaca sehingga Anda dapat mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan cuaca (payung, jas hujan, keset khusus hujan, topi, dll)
|
Hari H
Tentang Properti
|
| Siapkan minuman dan makanan ringan
|
| Siapkan speaker, kabel, dan kebutuhan elektronik lainnya yang sekiranya membantu
|
| Nyalakan semua lampu
|
| Pastikan semua sampah dan toilet telah dibersihkan
|
| Simpan peralatan pribadi Anda di tempat yang jarang terlihat
|
Tentang Anda
|
| Siapkan kartu nama
|
| Berdandan secara profesional
|
| Perkenalkan diri
|
| Selalu berdiri dan bersiap apabila ada pertanyaan mengenai properti
|
| Ketika pengunjung telah keluar dari properti, tanyakan:
- Apa yang dia sukai
- Apa yang dia tidak sukai
- Apa yang dia ingin ubah mengenai rumah tersebut
|
| Sampaikan terima kasih secara langsung kepada pengunjung
|
| Tanyakan kritik dan saran yang ada saat mengunjungi properti tersebut.
|
Setelah acara selesai
Tentang Properti
|
| Bersihkan properti
|
| Kunci semua pintu, jendela, dan jalur masuk yang mungkin
|
| Kembalikan kunci sesuai dengan instruksi pemilih properti
|
Tentang Administrasi
|
| Sampaikan terima kasih dengan cara mengirim email dan WhatsApp
|
Supply Kit (Barang yang Harus Ada)
Umum |
| Kebutuhan listrik (speaker, charger, dll) |
| Kertas pendaftaran |
| Makanan dan minuman ringan (serta tisu) |
| Trash bags |
| Kartu nama |
| Penjelasan singkat mengenai properti dalam bentuk handout |
| Peta dari lingkungan sekitar |
| Koleksi listing Anda yang lain dalam bentuk handout atau digital |
Pendukung |
| Buku notes |
| Alat tulis |
| Permen |
Emergency |
| Lilin |
| Pengharum ruangan |
| Selotip |
| Spidol atau pulpen berlebih |
| Kertas kosong |
| Hand sanitizer |
Musim Hujan |
| Payung |
| Keset penyerap air |
| Penutup sepatu |
| Paper towels |
Referensi:
1. Compass Checklist