Berikut adalah FAQ terkait Pinhome Poin:
A. Terkait Poin
1. Apa itu Poin?
Poin adalah bentuk apresiasi Pinhome kepada Rekan Agen setelah melakukan aktivitas di dalam aplikasi seperti mengunggah listing, melakukan transaksi, dan aktif untuk beraktivitas di Pinhome.
2. Bagaimana cara mendapatkan Poin?
Rekan Agen dapat mendapatkan Poin dengan cara melakukan hal-hal berikut di dalam platform Pinhome.
3. Bagaimana cara menggunakan Poin saya?
Rekan Agen dapat menggunakan Poin dengan cara menukarkannya dengan produk yang tersedia di dalam halaman Rewards. Selain itu, Rekan Agen dapat melakukan aktivitas yang sudah tertera diatas untuk mengumpulkan poin-poin Pinhome agar dapat ditukarkan menjadi bonus uang di dalam halaman Rewards.
4. Apakah Poin dapat dikirimkan ke Rekan Agen lain?
Tidak bisa. Poin hanya dapat digunakan oleh Rekan Agen yang mendapatkannya.
5. Apakah Poin yang saya terima dapat diuangkan?
Poin yang Rekan Agen terima tidak dapat diuangkan, kecuali Rekan Agen memilih Rewards berupa bonus uang yang ada di dalam halaman Rewards (menukarkan Poin menjadi Rewards).
6. Berapa lama masa berlaku Poin saya?
Masa berlaku Poin Rekan Agen adalah 1 (satu) tahun setelah Poin tersebut masuk ke dalam akun Rekan Agen.
B. Terkait Rewards
1. Apa itu Rewards?
Rewards adalah produk-produk yang dapat ditukarkan dengan Poin yang dimiliki oleh Rekan Agen.
2. Apa itu halaman Rewards?
Halaman Rewards adalah halaman di dalam aplikasi Rekan Pinhome yang menjelaskan nilai poin yang telah Rekan Agen peroleh, cara mendapatkan Poin di platform Pinhome, dan Rewards yang dapat ditukarkan oleh Rekan Agen.
3. Bagaimana cara mendapatkan Rewards?
Rewards didapatkan dengan cara menukarkan Poin yang telah Rekan Agen miliki ke sebuah produk di dalam halaman Rewards sesuai dengan perolehan minimum Poin yang dapat ditukarkan.
4. Bagaimana cara menggunakan Rewards?
Rewards dapat digunakan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku di dalam aplikasi Rekan Pinhome dan/atau Rewards tersebut.
5. Mengapa Rewards yang saya dapatkan menghilang?
Rewards yang Rekan Agen dapatkan bisa saja menghilang karena telah melewati masa kadaluarsanya atau telah Rekan Agen gunakan.
6. Apakah Rewards yang sudah saya tukar dapat dibatalkan?
Tidak bisa, Rewards yang telah ditukar tidak dapat dibatalkan dan hanya bisa Rekan Agen gunakan.
C. Ketentuan Pajak atas Pembayaran Rewards
1. Mengapa nominal Rewards yang saya dapatkan berbeda dengan jumlah yang tertera pada Rewards bonus uang?
Mulai November 2022, nominal Rewards yang dikirimkan ke rekening Rekan Agen adalah nominal akhir setelah dipotong Pajak Penghasilan (PPh) sesuai dengan ketentuan perpajakan berlaku yang ditanggung oleh Rekan Agen.
2. Bagaimana perhitungan pemotongan pajak Rewards?
Silakan simak skenario pada tabel berikut:
Perhitungan pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) adalah sebagai berikut:
a) apabila Rewards diberikan kepada Rekan Agen perorangan yang memiliki NPWP pribadi, maka besaran Pajak Penghasilan yang dikenakan adalah 5% (lima persen) dari nominal Rewards;
b) apabila Rewards diberikan kepada Rekan Agen perorangan yang tidak memiliki NPWP pribadi, maka besaran Pajak Penghasilan yang dikenakan adalah 6% (enam persen) dari nominal Rewards;
c) apabila Rewards diberikan kepada Badan Usaha yang memiliki NPWP badan usaha, maka besaran Pajak Penghasilan yang dikenakan adalah 15% (lima belas persen) dari nominal Rewards.
3. Apakah saya bisa mendapatkan bukti potong pajak?
Ya. Rekan Agen dapat meminta bukti potong pajak kepada Agen Manager atau tim Customer Care Pinhome dengan menghubungi melalui aplikasi.
4. Berapa lama saya bisa mendapatkan bukti potong pajak?
Rekan Agen bisa mendapatkan bukti potong pajak 2×24 jam hari kerja (hari libur dan akhir pekan tidak dihitung) setelah Rewards dicairkan.